Powered By Blogger

Rabu, 06 Oktober 2010

Biografi Tiga Sufi Oleh Sayid Zein Zainuddin As Saggaf(Alm)

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ajaran tasawuf yang sangat di gandrungi oleh para pengamal Tharikat Mu’tabarah itu tidak hanya berkembang di daerah Timur Tengah saja tetapi sudah merambat jauh ke negara-negara lain khususnya Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Indonesia dan Brunei Darussalam
Melalui makalah ini, kami akan mencoba memaparkan biografi ringkas dari tiga orang tokoh sufi yang mengembangkan paham tasawuf di Indonesia serta ajaran dan karya-karya mereka.
B. RUMUSAN MASALAH
Tiga orang tokoh sufi, yang kami maksud di sini adalah:
1. Hamzah, al. Fansuri
2. M.Nuruddin al Raniri,
3. Abd. Rauf al Singkili


PEMBAHASAN


A. DUA KELOMPOK ALIRAN SUFI
Pada umumnya jamaah ahli tariqah Al-Mu’tabarah yang ada di Indonesia pada abad ke-16 dan 17 yang mengaku mengikuti dan menganut ajaran kaum sufi itu terbagi kepada 2 (dua) golongan yang kadang-kadang tampak saling besebrangan yakni ada yang dapat dipengaruhi oleh ajaran al-Hallaj dan Ibn Arabi dan ada pula yang tidak. Yang pertama disebut kaum sufi Wujudiah (Pantheisme/Wahdatul Wujud), sedang yang kedua disebut kaum sufi Ahlissunnah Waljamaah.

B. ALIRAN AHLUSSUNNAH WALJAMAAH DAN SUMBER AJARANNYA
Aliran ini tidak terpengaruh baik terhadap konsep Itihad, Hulul atau pun martabat empat Ibn Arabi yang menjadi martabat tujuh al Gujarati dan Insan Kamil dari Al Jili. Karena sumber ajaran Ahli Sunnah Waljamaah adalah benar-benar al-Kitab dan al-Sunnah seperti ajaran Muraqabah dan lain-lain dari kelompok trancendentisme.

C. ALIRAN WUJUDIAH DAN SUMBER AJARANNYA
Pada mulanya ajaran ini disebut aliran Wahdatul Wujud (munisme) atau Aliran Faidh (emanisme) seterusnya di zaman Syamsuddin al-Sumatrani (murid oleh Hamzah al-Pansuri) hingga dalam sastra Malayu dikenal dengan aliran martabat tujuh.
Naruddin al-Raniri lah yang menyebutnya dengan nama aliran Wujudiah . Yang dia maksud aliran Wujudiah ini adalah orang-orang yang mempunyai paham bahwasanya segala apa yang ada (maujudat) ini walaupun kelihatannya banyak namun pada hakikatnya satu jua yang merupakan kesatuan antara Zhahir (kulit) dan batin (isi) yakni Allah swt. dan sekalian mahlukNya.
Kaum wujudiah pun telah mengatakan bahwasanya `ain dzat terbagi dua, yaitu; yang pertama `ain tsabitah dan yang kedua `ain kharijah. Alam yang kelihatan ini `ain kharijah. (kulit luar dari `ain tsabitah / al Haq/Tuhan) jadi apa yang dikatakan alam dan apa yang dikatakan Allah itu pada hakikatnya satu jua. Dengan pengertian bahwasanya esensi dari maujudat ini adalah Tuhan. Atau dalam kata lain wujud mahluk ini sebenarnya subtansi dari wujud sang Khaliq.
Seperti inilah yang disebut paham aliran wujudiah yang oleh sebagian buku disebut paham imanenisme dan paham pantheisme yang lebih pupoler dengan istilah martabat tujuh.
Pada praktiknya paham wujudiah ini menitik beratkan fokus batin terhadap Nur Muhammad yang menurut mereka adalah asal segala wujud dalam aktifitas sehari-hari.
Di antara ulama-ulama sufi yang tidak termasuk dari golongan mereka (wujudiah) adalah al-Qusyairi al-Junaid dan Ibn Ataillah. Selurah kaum Ahli Sunnah Waljamaah pun menentang terhadap ajaran ini karena menurut mereka ajaran ini tidak bersumber kepada Alquran dan Al-Hadits yang sahih.
Syekh Khalid Al-Baghdadi menyebutkan bahwasanya Ibn Arabi, Ibn Sab’in dan beberapa orang selain mereka telah mengadopsi beberapa potongan ajaran filsafat yang mereka gubah menurut bahasa mereka sendiri dan kemudian mereka masukkan kedalam ilmu tasawuf. Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad menyebutkan bahwa sebagian besar karya Ibn Arabi itu termasuk kelompok buku-buku yang terlarang untuk dibaca.
Paham wujudiah ini masuk ke-Indonesia dari dua arah (dari Arab, yaitu kitab Al-Insan al-Kamil karya al-Jili dan dari India yaitu kitab al Tuhfah al Mursalah karya Al-Gujarati). Kaum sufi memang banyak membikin istilah-istilah sufistik seperti yang tersebut dalam kitab al-Qusyairiyah, al-Manhal ash Shafi dan Tanya Jawab Sufistik yang di antaranya adalah yang berkenaan dengan ma’rifat.
Dalam istilah Al-Bisthami ada yang disebutnya : “fanaul fana”, yaitu hapusnya segala yang baharu dalam yang mutlaq. Mengenai teori penciptaan, Al-Hallaj berbeda dengan ibn Arabi, Al-Hallaj menggunakan teore emanisme (Al-Faidh) yang berdasar kepada Perjanjian Lama /israiliyat tentang penciptaan alam, yang berbunyi
خلق الله ادم على صورته
Sedang Ibn Arabi menggunakan teori monisme (tajalli) yang artinya wujud yang sebenarnya hanya tunggal yaitu wujud Tuhan, sedang mahluk itu adalah bayang-bayang Tuhan. Proses menampakkan Tuhan keluar dalam beberapa martabat dinamakan tanazzul, sedang proses kenaikan manusia untuk kembali kepada tuhan taraqqi. Dalam futuhatnya Ibn Arabi menyebutkan empat martabat (Al-Haq, Hakikat Muhammadiyah, Jagad raya, dan manusia)
4 (Empat) martabat ini kemudian oleh al-Gujarati dikembangkan hingga 7 (tujuh) martabat, yaitu:
1) Ahadiyah :Tidak Menentu hakikat /kunhi/ hakikat dzat Allah semata / ke-Esaan yang murni yakni masih murni dari kaitan selainnya, yang No.1 ini disebut juga Lahut
2) Wahdah (ta’ayyuun I) :Menentu tingkat I / ke-Esaan yang mengandung kejamakan/zhuhur ya’ni terbayang sifat dan asma yang belum rinci / ke esaan yang belum rinci/hakikat muhamamadiyah.
3) Wahidiyah (ta’ayyun II) :Menentu tingkat II (zhuhur) yakni terbayang sifat dan asma secara rinci / keesaan yang rinci / hakikat insan . yang no 2 dan 3 ini disebut juga Jabarut.
4) Alam arwah :Ketentuan yang halus / barzakh / keutuhan yang atomis dzatnya . Disebut juga alam Malakut
5) Alam amtsal :Kesatuan yang besar tetapi belum rinci ( tidak bisa dipisah-pisah bagian nya, pencerminan roh yang disebut juga alam mulk / syahadah.
6) Alam ajsam :Kesatuan yang besar dan sudah rinci / kebendaan sempurna disebut juga alam nasut.
7) Insan kamil :Sebagai manusia cermin Tuhan yang lengkap ya’ni mencakup seluruh martabat tersebut di atas.
La Ta’ayyun ( tanpa perbedaan ) atau dzat semata tersebut di atas dalam agama Siwa disebut Niskala dan dalam agama Mahayana di sebut Dharmakaya.
Ta’ayyun I dan II, dalam agama Siwa disebut Sakala-Niskala dan dalam agama Mahayana disebut Nirmanakaya.
A’yan Tsabitah (realitas-realitas yang terpendam), terdiri dalam: Ahadiyah, Wahdah, Wahidiyah. Mengenai hakikat muhamadiyah dan Nur Muhammad ini As-Sayyid Ahmad Al-Barzanji dalam kitabnya Tahqiqatul Ahamadiyah. ada menyebutkan sebagai berikut:




Sedang As-Sayyid Ali Al-Habsy dalam Simthud durarnya ada menyebutkan sebagai berikut:

Pengertian hakikat Muhammaddiyah dan Nur Muhammad yang laksana kakak beradik ini sering di identikkan orang, sehingga sering terjadi kesalahan penafsiran yang membawa kepada perdebatan-perdebatan. Padahal menurut beberapa pakar seperti As-Sayyid Ali
Al-Habsyi dan murid murid dari As Seman seperti Syeikh Daud Al-Fathami, Syeikh Abd. Samad Al-Falimbani seperti halnya Syeikh M.Nafis Al-Banjari keduanya (hakekat muhamadiyah dan nur muhammad) jauh berbeda, yang pertama ada pada martabat wahdah (martabat ke 2 yang tergolong qadim) sedang yang kedua ada pada martabat alam arwah / martabat ke-4 yang merupakan awal martabat baharu.
Kesalah pahaman tentang dua istilah ini tentu saja berdampak kepada kesalah praktikan amaliah /ritual yang membikin rawan tokoh-tokoh kaum Ahlussunah Waljamaah karena apabila Nur Muhammad itu dianggap sesuatu yang qadim maka tentu saja tidak sejalan dengan Hadist Nur yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah al-Anshari r.a. Sedang apabila Nur Muhammmad itu dianggap sesuatu yang baharu dan dijadikan sarana tawassul dalam ibadah maka bagaimana dengan Hadist Ihsan atau Muraqabah yang dibawakan oleh Abu Hurairah dan lain-lain. Bahkan apabila diteliti lebih jauh lagi hal ini menurut sebagian orang dapatlah dikatagorekan tidak sejalan dengan tuntunan Alquran karena konsep-konsep seperti itu memang jelas tidak terdapat dalam kitab suci Alqur`an dan termasuk katagore perbuatan bid’ah dhalalah/sesat.
Abd. Samad Al-Palimbani dalam Sairussalikin nya ada mengisyaratkan bahwa di antara kegunaan mengetahui martabat-martabat ini adalah untuk memilih dzikir tertentu yang cocok bagi orang-orang yang melakukan suluk.
Sedang Syeikh Daud al-Fathani dalam kitab Manhalnya ada menyebutkan bahwasanya sisalik itu oleh Syeikhnya akan diantarkan mulai dari alam nasut itu hingga alam-alam yang di atasnya hingga ia sampai kepada tuhan-Nya.
Lain lagi dengan Ibn `Athaillah beliau dalam kitabnya Miftahulfalah menguraikan secara panjang lebar dan lebih mendalam lagi tentang cara-cara memilih zikir untuk diamalkan.
D. Al-FANSURI, AJARAN DAN KARYA-KARYANYA
Namanya adalah Hamzah al-Fansuri. Berdasarkan kata fansur yang menempel pada namanya ini dapat diketahui bahwa ia berasal dari Fansur (sebutan orang Arab terhadap Bandar Barus) yang banyak menghasilkan kapur barus yang sekarang merupakan sebuah kota kecil di pantai barat Sumatra Utara yang terletak antara Sibolga dan Singkel (Aceh). Mengenai bahwa dia berasal dari barus ini disebutnya beberapa kali dalam kitabnya “Syair Jawi”.
• Ajaran Hamzah al Fansuri
Dia termasuk penganut thariqah Qadiriyah yang berpaham wujudiah.
Hamzah al fansuri menyebut ajaran-ajarannya dengan “ilmu suluk” Hamzah Al fansuri juga menyebut-nyebut tentang martabat 7 tetapi tidak sistematis. Karya-karyanya antara lain:
 Asrar al `Arifin
 Syurb al` Asyiqin
 Al Muntahi  Syair jawi
 Syair perahu
 Syair dagang

E. AR RANIRI AJARAN DAN KARYA-KARYANYA
Namanya adalah Muhammad Nuruddin Ar raniri, beliau seorang Indo Arab yang lahir di Rander, sebuah kota pelabuhan tua di Pantai Gujarat (Teluk Kambay). Pada mulanya beliau belajar di tempat kelahirannya ( Rander ) hingga mendapat ijazah thariqah Rifa`iah dari Sayyid Umar Basyaiban yang juga lahir di India dengan sanad dari Sayyid Muhammad al `Aydrus yang berasal dari Tarim.
Ar Raniri sendiri juga telah pergi belajar ke-Hadhramaut dan Hijaz .
+1580 M yakni dimasa sultan Aceh Besar keenam /sulthan Mansursyah atau dizaman maraknya ajaran Hamzah al Fansuri di Aceh, paman Ar Raniri yang bernama Syeikh Jailani telah berada di Aceh dengan tujuan dakwah, tetapi karena kegemaran rakyat Aceh pada saat itu lebih tertuju pada tasawuf maka beliau kurang mendapat simpati rakyat Aceh, baru mendapat simpati mereka setelah Syeikh Jailani menuntut ilmu tasawuf di kota Mekkah.
Sedang Nuruddin sendiri setelah banyak mengaji di Hadhramaut dan Hijaz beliau pulang ke Rander(Ranir) di saat Ranir telah mengalami kemunduran karena olah penjajah, karena itulah beliau pergi ke Aceh.
Beliau mukim di Pahang yakni pada tahun 1618 M. (zaman Sultan Aceh Besar ke delapan) , sebuah kota yang saat itu termasuk wilayah kerajaan Aceh. Di Pahang inilah beliau mengarang beberapa buah kitab hingga dengan cepat beliau dikenal orang.
Pada tahun 1621 M.Nuruddin Ar Raniri Pergi ke Mekah dan Madinah lagi dan entah berapa lama kemudian beliau menetap lagi di Aceh dan sering beradu hujjah dengan Syamsuddin al Sumatrani (murid Hamzah al Fansuri).
Beberapa pengarang berbeda pendapat tentang tahun dihukum bunuhnya Syamsuddin al Sumatrani ada yang mengatakan tahun 1630 M. yaitu bersamaan dengan tahun dikarangnya kitab Assiratal Mustaqim.
Pada tahun 1636 M. Sultan Iskandar Muda wafat dan digantikan oleh Sultan Iskandar II. Nuruddin diangkat menjadi mufti kerajaan dan Nuruddin pun diberi kebebasan dalam mengarang kitab-kitabnya yang cukup banyak itu, beginilah Nuruddin pada masa hidupnya di Aceh Darussalam beliau sangat berjasa bagi kerajaan, sebab dengan usaha beliaulah Aceh mendapat gelar kota Serambi Mekkah.
Pada tahun 1641 M. Sultan Iskandar II pun wafat, Nuruddin pulang ke Raner namun tidak lama beliau kembali ke Aceh dan baru pada tahun 1654M. Nuruddin pulang ke Ranir lagi hingga wafat pada tahun 1658 M. setelah bermukim di kerajaan Aceh Darussalam selama +17 tahun.
Ajaran Nuruddin Ar Raniri :
Beliau termasuk penganut Thariqat Rifa’iyah yang berpaham ahli sunnah waljamaah fanatik, menurutnya hakikat dan syariat itu tak boleh dipisahkan. Beliau selalu mengingat kata-kata Al Habib Abdullah al Aydrus yang mengatakan bahwa tidak ada jalan menuju Allah swt. kecuali melalui syariat yang merupakan pokok dan cabang Islam.
Ar Raniri berbeda pendapat tentang ketuhanan dengan ajaran Hamzah al Fansuri dan sering berdebat di depan Sultan dengan Syamsuddin (murid al Fansuri) bahkan sering mengatakan mereka kafir. Ar Raniri di samping ahli tentang ketuhanan dan ahli syariat, beliau juga mengetahui buku-buku yang dikarang oleh Ibn Arabi, Al Ghazali dan lain-lain. Ar Raniri menganggap bahwa Al-Fansuri cs lebih ekstrim dari pada Ibn Arabi dan dia menggolongkan mereka dalam golongan orang-orang zindiq.
Karya-karyanya:
Karya Nurudin Ar Raniri mencapai 23 judul di antaranya: Jawahir al Ulum Fi kasyfi al ma’lum, At Tibiyan Fi Ma’rifat al Adyan, Hujjah Ash Shiddiq li daf’izzindiq, Bustan as Salathin.




F. AS SINGKILI, AJARAN DAN KARYANYA
Namanya adalah Abd. Rauf as-Singkili. Beliau keturunan Arab dan Barus yang lahir di Kampung Suro Singkel (Aceh). Pada mulanya beliau belajar kepada ayahnya sendiri dan kemudian belajar kepada Syamsuddin as-Sumatrani (murid dari al-Fansuri) kemudian berangkat lagi ke Mekah, Jeddah, Mokha, Zabid, Bait al-Faqih. Di Mekah dia berkenalan dengan Ar Raniri dan di Madinah beliau belajar kepada Al-Qusyasyi
Ajaran As-Singkili
Beliau termasuk penganut thariqah Syaththariah yang berbeda dengan kebanyakan penganut Syaththariyah saat itu yang beraliran wujudiah karena beliau beraliran ahli sunnah wal jamaah sebagai murid Nuruddin ar-Raniri.
Karya-karyanya antara lain:
Mir’at ath Thullab dan Daqaiq al Huruf.

G. DI ANTARA PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PRAKTIK AMALIAH AHLI SUNNAH WAL JAMAAH DAN PENGANUT WUJUDIAH :
Pada umumnya mereka sama-sama menganut Thariqat Mu’tabarah seperti Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaththariyah dan lain-lain. Sedangkan perbedaan di antara mereka adalah ada yang menganut aliran wujudiah dan ada yang menganut alussunnah wal jamaah.

H. DI ANTARA KOMENTAR PARA AHLI TENTANG ALIRAN WUJUDIAH
Di antara komentar para ahli tentang aliran wujudiah adalah apa-apa yang dikatakan oleh :
a. Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad, beliau pernah mengatakan bahwa kadang-kadang untuk memahami kata-kata Ibn Arabi itu mesti dibutuhkan pengetahuan syariat dan tasawuf agar keyakinan seseorang tidak goyang karenanya sebab didalam masalah itu terdapat kesempatan bagi setan untuk menyatakan perannya.
b. Asy Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari, beliau pernah menyinggung-menyinggung bahwasanya ajaran wujudiah ini termasuk ajaran bid’ah seperti halnya Jabariah, Qadariyah dan Rafdhiyah.
c. Nuruddin Siddiqi, beliau dalam bukunya ada menyinggung pendapat syeikh Ahmad Shirhindi Al Punjabi bahwasanya selagi sufi itu berada di bawah pengaruh filsafat Ibn Arabi.
Yang telah mempercayai ajaran kesatuan apa yang ada(Imanenisme) dan cenderung untuk menghilangkan perbedaan antara Tuhan dan manusia, sedangkan kaum ulama berada dalam kesempitan paham mengenai hukum yang membawa kepada perdebatan-perdebatan yang tak habis-habisnya mengenai hal-hal yang kecil-kecil maka kedua golongan ini akan kehilangan semangat kesusilaan Islam. Golongan sufi yang seperti ini dikatakan lebih berbahaya daripada golongan yang satunya, sebab seandainya ciptaan itu tak nyata ada, hanya Tuhan sendirilah yang maujud, seperti yang dipertahankan Ibn Arabi maka kebutuhan akan agama dan hukum akan lenyap.
Pendapat Syeikh Ahmad ini mungkin ada benarnya apabila kita mau belajar dari peristiwa yang terjadi pada diri tokoh-tokoh aliran wujudiah, antara lain.
1) Al Hallaj di Bagdad
2) Sidi Dzennar(siti jenar) di kerajaan Demak
3) Hamzah al Fansuri di kerajaan Aceh
4) Abd. Hamid Abulung di kerajaan Banjar (Martapura).

I. BEBERAPA PERISTIWA TRAGIS YANG DIALAMI TOKOH-TOKOH ALIRAN WUJUDIAH
1. Al Hallaj : Sebagai akibat dari perkataannya ini maka ia pun di penjarakan selama tujuh tahun, dan di interogasi selama tujuh bulan untuk dikaji ajaran itu secara mendalam hingga akhirnya dihukum bunuh (disalib di Bagdad tahun 92 M.) karena tidak ada satu ulama pun saat itu yang membelanya.
Ibn Arabi sendiri karena pandai mengulas-ulas lidah dan masih banyak pembelanya tidak sampai terbunuh, malah menjadi tokoh kontroversial dan sering didewa-dewakan oleh penganutnya dengan julukan asySyaikh al Akbar.
2. Sidi Dzennar/Siti Jenar (Lemah Abang/Abd. Jalil)
Mulanya beliu termasuk di antara walisongo namun akhirnya terpengaruh dengan ajaran Al Hallaj yang menyimpang dari ajaran Islam yang membahayakan ummat sehingga oleh para wali dijatuhi hukuman mati.
Di samping itu Sidi Dzennar pernah menyatakan bahwa Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat dan haji ke Mekah semuanya itu adalah palsu, tidak boleh diikuti semua itu adalah kebohongan, untuk menipu semua mahluk dengan janji surga besok. Orang bodoh pada mengikuti wali yang nyata sama-sama tidak mengerti lain halnya dengan aku Sidi Dzennar.
Hal ini menyebabkan berangkatnya Sunan Kali Jaga, Sunan Kudus, Sunan Bonang dan Sunan Modang untuk berhadapan langsung dengan Sidi Dzennar, Sunan Kali Jaga berkata “Saya akan bicara singkat saja, tuan Lemah Abang(Sidi Dzennar) silakan pilih apakah memilih hidup atau kah memilih mati, Sidi Dzennar menjawab “Saya memilih mati(yang berarti hidup).
Tidak lama setelah ini (tahun 140 caka) Sidi Dzennar pun dihukum mati jenazahnya dibawa ke Demak dan dikebumikan secara rahasia.
3. Hamzah al Fansuri
Pengikut beliau banyak yang dihukum mati oleh sultan dan karya-karyanya pun dibakar habis.
4. Abd. Hamid Abulung
Beliau ini pun terkena hukuman mati pula.

SIMPULAN
Dalam makalah yang mungkin saja tak luput dari kekurangan ini telah kami paparkan beberapa tokoh sufi masa lalu yang di antara mereka ada yang termasuk tokoh sufi konstroversial yang sangat kharismatik di sisi pengikutnya namun bagi pihak lain mereka itu dianggap ahli bid’ah bahkan ada yang menganggapnya sebagai kafir zindiq yang sangat merusak Islam, Na`udzubillah mudah mudahan dengan sejarah masa lampau ini kita dapat mengarungi bahtera kehidupan saat ini hingga masa-masa yang akan datang. Amin yarabbal alamin.

SARAN-SARAN
Sebagai insan muslim kita semua dituntut untuk ikut melaksanakan da’wah billisan ataupun bil arkan, serta menampakkan diri kita sebagai seorang muslim yang baik sebagaimana yang dicontohkan oleh junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. yang senantiasa membawa kemaslahatan bagi sekalian ummat dan mengantarkan mereka kepada kebahagian di dunia dan di akhirat.

DAFTAR PUSTAKA

Abbas Sirajuddin. 1994. Sejarah Dan Keagungan Mazhab Syafi’i. Jakarta: Pustaka Tarbiyah
Abd. Khaliq A.R. 2001. Penyimpangan-penyimpangan Tasawuf. Jakarta: Rabbani Press.
Al Bagdadi Khalid. 1986. Al Iman wal Islam. Turkey: Darussefaka.
Al Banjari, M. Arsyad. 1860. Sabil al Muhtadin. Mesir. D.I.K al Arabiah.
Al Banjari, M. Nafis. 1881. Ad Dur an Nafis. Mesir. Al Miriyah.
Al Iskandari Ibn ‘Athaillah.1961. Miftah al Falah. Mesir. Musthafa al Bab al Halabi.
Al Fatani, Daud. tth. Al Manhal Ash Shafi, Tulisan Tangan.
Al Fatani Z. Abiddin. tth. Aqidat an Najin. Surabaya : Syirkah Bungkul.
Al Falimbani Abd Samad. tth. Sair As Salikin. Semarang. Karya Insan.
Al Qusyairi Ab al Qasim.1940. Al Risalah Al Qusyairiyah. Mesir. Mushthafa. Al Bab al Halabi.
As Sayyid Al Attas M. Naguib. 1977. Islam Dalam Sejarah Kebudayaan Melayu. Bandung: Mizan
As Sayyid Al Aydrus Novel. 1997. Tanya Jawab Sufstik. Solo.: Putra Riadi.
As Sayyid Bakri Ibn M Syatha. tth. Kifayat al Atqiya. Surabaya: A. Sa’ad Nabhan.
As Sayyid Al Barzanji. Ahmad. tth. Tahqiqat Ahmadiyah. tt.tpn (Tulisan tangan).
As Sayyid Al Habsyi Ali tth. Simth ad Durar. Banjarmasin: S. Hasyim Al Habsyi.
As Sayyid al Haddad Abdullah. tth. Risalat al Muawanah. Bandung. Al Ma`arif.
As Sayyid Al Hamid. 1999. Pembaharu Abad Ke 17. Bandung: Pustaka Hidayah.
As Sayyid Al Mahdali Agil. 2002. Mengenal Tarekat Sufi. Bagi Pemula. Jakarta. Azan.
As sayyid Al Syilli Muhammad. tth. Masyra’ ar Rawi. tt.tpn
As Sayyid Nashr Husin 1994. Tasawuf Dulu dan Sekarang. Pustaka Firdaus.
As Sayyid As Nursyamsu Muhammad 1999 Ulama Pembawa Islam di Indonesia dan sekitarnya Jakarta Lentera
Jaya Tamar. 1982. Syeikh Nuruddin ar Raniri. Jakarta: Panji Masyarakat.No 347.
Ibn Ibad Muhammad. tth. Syarh al Hikam. Singapore-Jeddah al Haramain.
Kahmad Dadang 2002. Tarekat Dalam Islam Bandung. Pustaka Setia.
LKS IAIN Walisongo. 1974. Srjarah Islam Di Jateng Utara. Semarang: IAIN Walisongo.
Masyur H.M. Laily.1996. Ajaran Dan Teladan Para Sufi. Jakarta: R. Grafindo. P.
Masyhudi In’amuzzahidin. 2003. Wali Sufi Gila. Jakarta: Ar Ruzz.
Mustofa H.A. 1997. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Muthahari Murtadha. 2002. Mengenal Irfan. Bandung: Mizan.
M.Z Labib-Farid A. 1998. Kisah Kehidupan Para Sufi. Surabaya. Bintang Usaha Jaya.
Poesponegoro .M.D Nososusanto. N. 1993. Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta: Balai Pustaka.
Pringgodigdo Mr. A.G. 1973. Ensiklovedi Umum. Jogyakarta: Kanisius.
Riclefs. H.C. tth. Sejarah Indonesia Modern. GMU. Press.
Simuh. 1997. Tasawuf dan Perkembangannya Dalam Islam. Jakarta: R. Grafindo.
Soemarsaid Martono. 1972. Ilmu-Ilmu Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta: Bhratra.
Syaukat Ahmad. 1982. Sejarah Sufisme Atau Tasawuf. Jakarta: Panji Masyarkat.
W. Morgan Kenneth. 1963. Islam Jalan Mutlak. Jakarta: Pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar